Tips Supaya DVR Berumur Panjang

Berikut ini beberapa tips yang berhubungan dengan DVR :

67-300x300 Tips Supaya DVR Berumur Panjang

  1. Tempatkan DVR dalam keadaan yang luas dan mempunyai ventilasiyang baik untuk sirkulasi udara ruangan bahkan bila perlu lokasi penempatan DVR dilengkapi dengan pendingin ruangan agar suhu ruangan selalu dalam keadaan sejuk. Bila lokasi penempatan DVR sedikit terbuka (diluar ruangan), berdebu dan berminyak, maka harus lebih sering dibersihkan untuk menjaga performanya.
  2. Pastikan DVR ada terpasang Surge Protectionuntuk menghindari masalah yang timbul dari lonjakan listrik seperti akibat dari petir.
  3. Pasang Uninterruptible Power Supplyuntuk menghindari terjadinya kehilangan listrik secara mendadak akibat listrik padam sehingga memungkinkan DVR dapat dimatikan secara manual. Periksa berkala kondisi batere pada UPS dan bila perlu tambahkan juga unit stabilizer untuk menstabilkan tegangan listrik yang diasup DVR.
  4. Periksa bagian dalam DVR secara berkalasekali atau dua kali setahun untuk membersihkan mainboard dari debu dan kotoran. Bila memungkinkan, gunakan unit kompresor udara untuk membersihkannya.
  5. Periksa pada situs produsen CCTV anda apakah unit DVR yang terpasang mempunyai versi firmware terbaru. Firmware terbaru tentu akan membantu performa DVR apabila firmware sebelumnya ada bug, penambahan fitur, penambahan protokol, penambahan konfigurasi dan sebagainya. Pastikan pula firmware tersebut memang cocok untuk DVR yang terpasang.
  6. Gunakan password pada DVRuntuk menghindari penggunaan yang tidak semestinya.
  7. Periksa ulang konfigurasi DVR seperti kompresi video, resolusi gambar, kualitas gambar, kerapatan gambar. Sesuaikan dengan kebutuhan anda untuk mengoptimalkan hasil rekaman.
  8. Periksa selalu jangka waktu rekamansaat akan dihilangkan/ditimpa apabila fitur overwrite aktif. Hal ini untuk menghindari terjadinya kehilangan data rekaman apabila pada jangka waktu tersebut ada suatu kejadian.
  9. Periksa kondisi HDD pada unit DVR. Bila perlu setiap 2 tahun sekali ganti unit HDD agar tidak terjadi masalah yang tiba-tiba timbul karena HDD rusak akibat operasional yang terus-menerus.
  10. Persiapkan selalu flashdisk, mouse, CD kosonguntuk memudahkan pengoperasian saat proses backup data rekaman.
  11. Periksa selalu kondisi konektor-konektor kamerayang terpasang pada DVR.
  12. Pastikan alamat IP DVR tidak diketahui secara umumapabila DVR terhubungkan ke jaringan internet.
  13. Pastikan hanya satu atau dua orang yang bertanggung jawabsecara penuh atas pengoperasian DVR.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *