Ingin mencoba memasang sendiri Kamera CCTV? siapkan 8 perangkat ini

Anda ingin mencoba memasang sendiri kamera pengawas di tempat Anda? Berikut kami bagikan beberapa hal yang diperlukan untuk instalasi perangkat kamera pengawas.

IMG-20170713-WA0044-300x169 Ingin mencoba memasang sendiri Kamera CCTV? siapkan 8 perangkat ini

  1. Kamera CCTV

Kamera CCTV merupakan elemen terpenting. Tanpa adanya kamera CCTV, area yang hendak diawasi tentunya tidak dapat diambil gambarnya.  Ada beberapa jenis kamera CCTV, antara lain IP Camera, Wireless Camera, Fixed Camera (Dome) dan PTZ Camera (Pan, Tilt, Zoom).

Penentuan jenis kamera apa saja yang digunakan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.  Untuk membantu dalam penentuan tersebut, pertimbangkan sensor dan spesifikasi pada tiap jenis kameraHarga untuk sebuah kamera CCTV bervariasi tergantung jenis, merek dan spesifikasi pada kamera tersebut.  Kunjungi halaman depan kami bila Anda ingin mengetahui harga produk kamera CCTV.

  1. Adaptor dan Power Supply

Untuk Adaptor dan power supply Anda bisa menggunakan merek dan jenis apa saja asalkan sesuai dengan daya yang dibutuhkan pada perangkat kamera, monitor dan lainnya. Umumnya tegangan pada sebuah kamera CCTV adalah 12v DC, 24v AC-DC.

  1. Digital Video Recorder (Dvr)

Biasa disingkat menjadi DVR. Fungsinya untuk menyimpan data hasil gambar yang diambil oleh kamera CCTV, yang kemudian ditampilkan melalui TV monitor. Format yang digunakan untuk hasil gambar antara lain: MPEG4, AVi dan GCIF.  Pada umumnya sebuah DVR mampu menyimpan sebanyak 100 Gigabyte dan dapat di upgrade hingga mencapai 1 terabyte.

  1. TV Monitor

Tidak ada aturan khusus dalam penentuan penggunaan televisi monitor. Entah itu menggunakan TV tabung, LCD ataupun CRT.  Selama memiliki koneksi kabel coaxial, maka TV tersebut bisa digunakan.  Yang perlu diperhatikan adalah ukuran diameter monitor tersebut, terlebih lagi bila Anda berencana menampilkan banyak channel/kamera pada 1 layar

  1. Kabel Power

Untuk penggunaan kabel power, Anda bisa menyesuaikan dengan daya yang diperlukan oleh perangkat lain atau AC 220v ke adaptor dan power supply.  Untuk jenis kabel bisa menggunakan 2×1,5mm dan 3,25mm.  Agar lebih aman, pada saat instalasi tambahkan high pipa impact conduit untuk melindungi kabel power.

  1. Kabel Coaxial

Berfungsi sebagai perantara sinyal video yang direkam melalui kamera CCTV.  Ada beberapa jenis kabel coaxial, antara lain:

– RG-59 > untuk penggunaan jarak sekitar 750 kaki

– RG-6 > untuk penggunaan jarak 1000 kaki

– RG 11 > untuk penggunaan jarak 1500 kaki atau lebih

  1. Connector RF

Sering disebut juga connector BNC.  Berfungsi sebagai penghubung antara kamera CCTV dengan DVR atau bisa juga langsung ke monitor.

  1. Crimp tool

Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah crimp tool. Crimp tool merupakan sebuah tang khusus pemotong kabel yang juga memiliki keunikan dibandingkan tang umum lainnya, karena bisa digunakan untuk memasang connectror BNC pada kabel coaxial.  Bentuknya macam-macam ada yang besar dengan fungsi yang lebih lengkap, seperti bisa memotong kabel, mengupas dan lain sebagainya.

You may also like...