Mengenal Berbagai Jenis Kamera CCTV

Saat ini ada begitu banyak merek dan tipe kamera pengawas yang tersedia, dari yang berfitur sederhana dan beresolusi rendah hingga yang memiliki fitur lengkap dan tampilan gambar berdefinisi tinggi. Sebelum memutuskan membeli, ada baiknya mengetahui apa saja jenis kamera pengawas dan paling sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

IMG-20170730-WA0016-300x225 Mengenal Berbagai Jenis Kamera CCTV

BULLET CAMERA

Karena memiliki kemampuan tahan air, kamera jenis ini banyak digunakan di luar ruangan (outdoor) dibandingkan di dalam ruangan (indoor) . Bullet camera biasanya di pasang pada dinding ataupun langit-langit ruangan. Merupakan fixed type camerayang hanya bisa mengambil gambar dari area yang tetap terus menerus dan tidak dirancang untuk memiliki pan / tilt / zoom control.

PTZ CAMERA

Singkatan dari PAN TILT ZOOM. PAN: kemampuan kamera yang dapat bergerak ke kiri dan ke kanan. TILT : kemampuan kamera yang dapat bergerak ke atas dan kebawah, dan ZOOM: kemampuan kamera untuk memperbesar gambar hingga beberapa kali lipat.

Biasanya digunakan untuk memantau wilayah yang luas, seperti misalnya di bandara, tempat parkir luar ruang, jalan raya, lapangan dan area luas lainnya. Penggunaan kamera CCTV jenis ini memudahkan pengawas cctv dalam mengawasi walaupun hanya dengan 1 kamera karena dapat berputar otomatis atau secara manual digerakan melalui controller.

DOME CAMERA

Diambil nama Dome karena bentuk penutup lensa yang seperti kubah. Jenis kamera ini paling banyak kita jumpai karena desainnya yang modis dan dapat menyesuaikan dengan interior ruangan (tidak mencolok), sehingga banyak digunakan untuk kafe, restoran, dan area publik lainnya. Dome camera memiliki 2 tipe, yaitu FIX (kamera yang hanya mengarah ke 1 arah) dan SPEED DOME (kamera yang dapat berputar dengan cepat lebih dari 1 arah).

HD CAMERA

Kamera dengan spesifikasi HD (High Definition) tidak perlu dipertanyakan lagi kualitas gambarnya. Kamera High-Definition dengan berkemampuan digital zoom membantu memperbesar gambar dengan sangat jelas. Dalam hal bentuk kamera jenis ini bisa berupa tipe aja saja baik untuk dalam ruangan ataupun luar ruangan.

VARIFOCAL CAMERA

Kamera cctv yang mempunyai lensa varifokal dapat diperbesar atau disesuaikan secara manual tanpa mengubah titik fokus kamera.

WIRELESS CAMERA

Kamera jenis ini telah termasuk fitur wireless di dalamnya sehingga bisa langsung di konfigurasi dan dikoneksikan ke jaringan Internet via Wifi dan langsung bisa di akses, tapi tidak semua kamera CCTV wireless ini berbasis IP , ada beberapa dari jenis kamera ini yang juga bisa menggunakan model alternatif lain dalam transmisi data.

BOX CAMERA

Jenis kamera ini memiliki lensa yang mampu melakukan perbesaran gambar (zooming). Biasanya di posisikan pada pada bidang vertikal. Namun kekurangannnya adalah kamera jenis ini membutuhkan pencahayaan yang cukup agar dapat menangkap gambar dengan jelas atau dapat menggunakan infrared dengan alat tambahan, dan akan lebih baik lagi apabila box camera dilengkapi dengan housing kamera apabila di posisikan di luar atau dalam jangkauan tangan.

BOARD CAMERA

Karena bentuknya yang tanpa menggunakan pembungkus (casing), biasan kamera jenis ini digunakan untuk kepentingan khusus, seperti dalam pembuatan robot, drone atau untuk aplikasi teleconfrence standar dan dihubungkan dengan media komputer. Kamera cctv jenis ini memiliki tingkat resolusi yang rendah.

DAY/NIGHT CAMERA

kamera jenis ini dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi cahaya, baik itu sinar matahari langsung, backlight yang kuat ataupun refleksi. kamera jenis ini memiliki dynamic range yang luas dan biasanya dipasang di lokasi dengan pencahayaan yang berlebihan atau di lokasi yang gelap sama sekali.

IP/NETWORK CAMERA

Kamera jenis ini baik yang menggunakan kabel ataupun wireless dapat dipasang dengan mudah. Rata-rata IP camera mempunyai tingkat resolusi gambar yang lebih tinggi dibandingkan kamera cctv analog. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam penggunaan IP kamera, antara lain area lokasi yang akan dipasang IP camera tipe wireless harus tercover jaringan wireless internet, dan untuk tipe IP camera dengan kabel jarak penarikan kabel ke switch hub / router hanya 80-100 meter dengan menggunakan kabel UTP.

Kamera jenis ini memliki kekurangan, antara lain:

  1. karena mempunyai resolusi yang tinggi membutuhkan kapasitas hard driveyang lebih besar,
  2. Harga IP camerayang relatif lebih mahal dibandingkan cctv kamera analog,
  3. Membutuhkan alat tambahan untuk penguat penerima sinyal (untuk lokasi yg jauh atau banyak hambatan),
  4. membutuhkan pemahaman mengenai konfigurasi internet bila memasang IP camera dalam jumlah banyak.

INFRARED(IR) CAMERA

Biasa di sebut juga dengan night vision camera. Kamera jenis ini mampu melihat pada malam hari bahkan gelap gulita dengan bantuan lampu IR LED. Ada dua jenis Infrared yang biasa di gunakan pada kamera jenis ini, antara lain yaitu IR LED biasa (bentuknya kecil-kecil) dan IR LED ARRAY (bentuknya besar), saat sensor kamera mendekteksi cahaya dalam jangkauannya minim atau bahkan tidak ada sama sekali, Infrared akan menyala dan menghasilkan gambar hitam putih.

SPY CAMERA

Sesuai namanya, kamera jenis ini dibuat untuk kegiatan memata-matai. Karena itulah bentuk kamera jenis ini banyak diadaptasikan ke berbagai bentuk dan media lain, misalnya dalam bentuk pulpen, bross, hiasan dinding dan banyak lagi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *