Fungsi dan manfaat CCTV bagi kehidupan kita

1.Lebih meningkatkan keamanan

Fungsi pertama, sejak di luncurkana di ranah umum, fungsi utama CCTV adalah untuk meningkatkan keamanan. Bicara tentang keamanan tentu memiliki kaitan yang erat dengan pencegahan tindak atau aksi kejahatan dan kriminal. Bagaimana mungkin aksi kejahatan bisa dicegah dengan CCTV ? CCTV menampilkan sekaligus merekam gambar secara Live. Artinya, gambar yang di ambil oleh kamera pengintai dan di tampilkan melalui monitor merupakan aksi atau tindakan yang sedang terjadi. Sebagai contoh misalnya,seseorang berusaha mencuri sebuah motor yang terparkir di halaman toko. Aksi orang tersebut terekam oleh kamera pengintai, maka aksi itu bisa langsung di gagalkan. Setidaknya aksi pencurian itu telah terekam oleh kamera CCTV sehingga bisa digunakan sebagai barang bukti laporan kepada pihak kepolisian dan pelakunya bisa segera ditangkap.

WhatsApp-Image-2017-10-24-at-16.22.39-2-300x225 Fungsi dan manfaat CCTV bagi kehidupan kita

  1. Memantau semua kegiatan

Kedua adalah, memantau dan mengawasi kemungkinan semua kegiatan yang kita kerjakan untuk kepentingan umum dan pribadi, tanpa menyalahgunakan instalasi CCTV di tempat yang sangat privat dan intim. selain untuk meningkatkan keamanan, CCTV juga bisa berfungsi untuk kepentingan mengawasi dan memantau produktivitas karyawan. Bukan bermaksud untuk berburuk sangka, tapi diakui atau tidak, ada saja karyawan yang belum mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara penuh. Selama jam kerja, ada karyawan yang sedang mengobrol, meninggalkan ruangan tanpa alasan jelas, bermain game, memainkan gadget, dan asyik nge-tweet atau pesbukan, bahkanbisa saja seorang karyawan mengutil barang-barang yang sedang di produksi.Perilaku seperti itu bisa merugikan perusahaan dan perilaku tersebut jelas merupakan bentuk penyimpangan terhadap tanggung jawab pekerjaan. Akibatnya, pelaksanaan tugas terbengkalai dan tidak bisa di selesaikan tepat waktu sehingga hasil kerja menjadi tidak maksimal. Secara lebih lanjut, prestasi dan kualitas kerja karyawan menurun dan selanjutnya akan berimbas pada kinerja perusahaan yang menurun pula.

  1. Mengawasi anggota keluarga

Yang terakhir, Kamera CCTV tidak hanya bermanfaat untuk kepentingan publik dan perusahaan saja, pribadi juga bisa memanfaatkan fungsinya, selain berfungsi untuk keamanan dan memantau seperti di atas. CCTV di rumah yang terpasang bisa untuk memonitor aktivitas anak setelah melakukan instalasi internet tentunya. Hal ini di perlukan bagi para orang tua yang sibuk di luar rumah seharian, sehingga tidak memiliki waktu untuk melakukan kegiatan tersebut dengan bersamaan, agar bisa tetap mengawasi perkembangan anak, salah satu caranya adalah memanfaatkan fungsi dari CCTV di rumah sehingga orang tua bisa tetap mengawasi gerak-gerik dan segala aktivitas anak meski kita tak ada di sampingnya.

You may also like...