5 Panduan Perencanaan Pemasangan CCTV

  1. PAHAMI KEBUTUHAN PENGGUNA

-Tangkap informasi sebanyak mungkin.

Perusahaan CCTV dalam melakukan perencanaan instalasi harus menangkap informasi sebanyak mungkin dari klien untuk memastikan bahwa desain yang akan dibuat dapat menghasilkan solusi yang cocok untuk pengguna tersebut.

– sekalipun mirip, perencanaan yang satu belum tentu sama dengan yang lain

Ketika merencanakan sistem CCTV adalah penting untuk diingat bahwa satu perencanaan yang cocok untuk suatu klien belum tentu cocok digunakan pada klien lain walaupun memiliki karakteristik yang hampir sama. Setiap lokasi akan memiliki kebutuhan yang berbeda karena banyak faktor lokal seperti kondisi tempat, lokasi geografis, lingkungan lokal, dan sejarah.

IMG-20170607-WA0003-300x180 5 Panduan Perencanaan Pemasangan CCTV

DVR AHD 8 CHANNEL TURBIOHD SERIES

– Penuhi harapan pengguna dengan melibatkan mereka

Setiap pengguna akan memiliki harapan tentang apa yang bisa sistem berikan untuk mereka seperti mencegah terjadinya tindakan kriminal, meningkatkan deteksi kejahatan, pemantauan karyawan dan lain-lain.

Tidak ada yang mengetahui kebutuhan dan harapan pengguna selain mereka sendiri.  Oleh karena itu penting untuk melibatkan mereka dalam perencanaan untuk mengetahui masalah, pengalaman dan harapan mereka dari sistem CCTV yang akan dipasang. Ini akan membantu memberikan gambaran yang lebih lengkap untuk elemen perencanaan selanjutnya.

  1. ANALISA ANCAMAN, KERENTANAN DAN RISIKO

Penilaian ancaman, kerentanan dan risiko harus dilakukan untuk memastikan desain sistem instalasi mampu mengatasi ancaman yang mungkin timbul dan mengurangi risiko keamanan.  Hasil kegiatan ini harus dicatat menjadi suatu proposal desain sistem namun dalam beberapa kasus pemilik sistem dapat memilih untuk membatasi akses penilaian lengkap dan hanya memberikan kesimpulan kepada Perusahaan.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa setiap kamera CCTV atau perangkat keamanan lainnya yang akan dipasang memadai dan relevan dengan kebutuhan dan harapan. Untuk mengidentifikasi tingkat keamanan yang diperlukan, penilaian terhadap faktor-faktor yang mungkin ikut berperan juga diperlukan.

Banyak definisi dan perhitungan untuk Ancaman, Kerentanan dan Risiko yang umumnya berdasarkan Health & Safety. Dinilai dari perspektif keamanan elemen ini biasanya berupa:

– Ancaman (siapa)

Ancaman biasanya akan didefinisikan sebagai usaha perlindungan dari orang atau peristiwa tertentu. Tingkat ancaman akan sangat bervariasi tergantung pada tujuan, tekad, kemampuan pelaku, akal, dll seperti:

  • Pencuri oportunis seperti pengutil. Aksi kejahatan ini sering tidak direncanakan, hanya membutuhkan sedikit keterampilan dan biasanya dilakukan tanpa kekerasan.
  • Pencuri profesional. Ciri-ciri pencuri profesional adalah direncanakan, mempunyai target yang jelas, membutuhkan keahlian sedang dan juga tanpa kekerasan.
  • Kejahatan Terorganisir. Memiliki rencana dan target, membutuhkan keterampilan tinggi dan mungkin terjadi tindak kekerasan.
  • Aksi Massa. Contohnya adalah demonstrasi aktivis Hak Hewan, aktivis lingkungan dll. Memiliki ciri-ciri direncanakan, ada target pada peristiwa tertentu. Biasanya sangat terampil dan memiliki tekad yang kuat. Umumnya menghindari kekerasan namun mungkin secara aktif menolak penangkapan.

Pada perspektif yang lebih luas, ancaman juga dapat didefinisikan sebagai non-spesifik atau tidak memiliki target untuk pengawasan kondisi lingkungan misalnya pemantauan banjir.

Kerentanan (Apa/dimana)

Kerentanan biasanya akan menjadi perhatian yang membutuhkan perlindungan. Tingkat kerentanan akan ditentukan oleh berbagai faktor seperti keinginan pada objek di tempat tersebut, kemudahan akses, jam operasional lingkungan, tingkat paparan daerah apakah terbuka di daerah ramai atau terpencil. Faktor-faktor ini perlu referensi silang untuk mengatasi ancaman karena akan berbeda sifatnya berdasarkan tekad dan keterampilan. Misalnya oportunis dapat dicegah cukup oleh pintu biasa yang terkunci baik, namun kelompok kejahatan terorganisir dapat mudah menghancurkan pintu tersebut.

Risiko

Risiko adalah konsekuensi dari suatu peristiwa atau aksi intrusi. Tingkat risiko ini dapat luas dan bervariasi dan tidak segera diketahui. Dampak dari setiap risiko yang diidentifikasi biasanya akan bervariasi tergantung pada lokasi. Risiko dapat mencakup:

  • Kerugian materi secara langsung: diketahui langsung dari nilai barang yang hilang.
  • Kerugian Keuangan yang sedang berlangsung: Peningkatan premi asuransi, waktu untuk kembali untung.
  • Keselamatan pribadi: Terjadinya luka atau cedera pada staf dan atau anggota masyarakat yang terlibat dalam insiden kekerasan.
  • Stres : moral pekerja menurun, dan mungkin karyawan berhenti karena alasan keamanan.
  • Kerugian non-material: Mungkin termasuk hilangnya kekayaan intelektual, data perusahaan atau sejenisnya.

Biasanya sistem keamanan tidak dapat mengubah ancaman teridentifikasi atau risiko, tetapi langkah-langkah keamanan yang dilakukan dengan baik akan secara signifikan mengurangi kerentanan. Hal ini akan membantu mengurangi kemungkinan risiko yang terjadi.

Faktor-faktor ancaman, kerentanan dan risiko setelah diidentifikasi harus digunakan untuk menentukan spesifikasi atau tingkat peralatan yang akan digunakan. Misalnya situasi ancaman rendah rendah di daerah kerentanan terbatas dan sedikit atau tidak ada risiko mungkin hanya memerlukan peralatan Kelas 1. Sementara daerah yang diidentifikasi sebagai ancaman tinggi dengan kerentanan dan berisiko tinggi mungkin memerlukan peralatan keamanan kelas 4.

  1. MENETAPKAN KEBUTUHAN OPERASIONAL DAN PERSETUJUAN DENGAN PELANGGAN

Kebutuhan operasional harus didokumentasikan dengan jelas untuk mendefinisikan kebutuhan dan harapan dari sistem CCTV dan relevansinya terhadap penilaian ancaman, kerentanan dan risiko di atas serta menangkap kebutuhan pengguna.

Idealnya dokumen harus diajukan oleh pengguna atau perwakilan resmi mereka (seperti konsultan keamanan) dan digunakan sebagai dasar untuk menentukan sistem yang diperlukan dan tes kinerja berikutnya.

  1. TARGET SASARAN DAN DETAIL GAMBAR

Penting untuk mempertimbangkan tingkat detail gambar yang diperlukan sehingga sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hal ini harus didiskusikan dengan klien.  Dengan demikian tingkat detil gambar akan diketahui apakah klien membutuhkan kamera dengan sudut pandang luas atau sempit.Tingkat detail dapat dicapai apakah dengan menggunakan kamera PTZ atau dengan menggunakan kamera biasa beresolusi tinggi adalah hal yang harus disepakati. Berdasarkan tujuannya gambar CCTV memiliki tingkat kedetailan yang berbeda-beda.

Perlu dibedakan antara live operation dan playback/review ketika mempertimbangkan kebutuhan ukuran gambar. Misalnya dalam situasi pemantauan langsung di mana penilaian cepat dari situasi mungkin diperlukan, maka tingkat detail layar yang lebih tinggi mungkin diperlukan agar sistem menjadi lebih reaktif. Sementara bila interaksi langsung hanya sedikit atau tidak ada maka perekamanan peristiwa dapat ditinjau dalam waktu yang lebih lambat.

  1. PERTIMBANGAN LINGKUNGAN

Pertimbangan juga harus diberikan untuk kebutuhan peralatan spesifik atau teknik instalasi khusus yang diperlukan pada lingkungan tertentu. Misalnya pertimbangan untuk kebutuhan peralatan pada lingkungan daerah berpotensi terjadinya ledakan seperti petro-kimia, peralatan anti korosi di pabrik kimia atau berlokasi di dekat laut. Peralatan harus sesuai dengan setiap standar yang berlaku untuk lingkungan tersebut.

Pertimbangan khusus juga harus diberikan untuk instalasi CCTV di daerah yang memiliki cuaca ekstrim panas atau dingin untuk memastikan bahwa kondisi tersebut tidak memiliki efek buruk pada sistem operasi. Beberapa pertimbangan juga harus diberikan kepada hal tertentu misalnya jika sistem penyimpanan hard disk yang akan menaikkan suhu memerlukan metode pendinginan buatan seperti AC untuk membantu memastikan umur peralatan yang lebih lama.

You may also like...