4 jenis kamera cctv

·         Kamera CCTV Analog (CVBS)

Composite Video Blanking dan Sync atau Color Video Blangking dan Sync atau ada pula yang menyebutkan Composite Video Burst signal yang merupakan format sinyal standar yang digunakan dalam dunia CCTV analog.

Kamera cctv analog menggunakan satuan ketajaman gambar yang dinyatakan dengan TVL (TV Line) makin gede TVL nya makin jelas/gede gambar yang dihasilkan, ketika di zoom akan terlihat bedanya antara TVL kecil dan TVL Besar.
Kamera CCTV analog  yang tersedia biasanya mempunyai resolusi  420 TVL, 480 TVL, 540 TVL, 600 TVL, 700 TVL,800 TVL, 1000 TVL . untuk saran jika kamu memilih kamera analog minimal beli cctv dengan 700TVL keatas, makin gede makin bening.

·         Kamera CCTV Analog High Definition(HD)

Pada dasarnya jenis kamera ini menggunakan chipset khusus untuk menghasilkan gambar resolusi HD yang bisa ditransmisikan menggunakan jaringan cctv lama(analog)  kabel coaxial.yang dihasilkan sudah beresolusi HD mulai dari ukuran 720p(HD) dan1080p(Full HD).Gambar

IMG-20170730-WA0018-300x169 4 jenis kamera cctv
Hasil gambar dari kamera analog HD camera hanya bisa ditangkap menggunakan DVR khusus yang mendukung teknologi Analog HD Camera.Ada beberapa teknologi Analog HD Camera yang telah dipakai oleh beberapa vendor cctv ternama diantaranya :

  1. HD-CVI ( High definition composite video interface) –  Dahua-Dahua membuat terobasan baru dengan mambuat chipset HD-CVI untuk  kamera cctv yang memungkinkan kamera CCTV mengirimkan gambar dengan resolusi HD (720p,1080p) melalui kabel coaxial hingga jarak 500m tanpa delai dan lagg . dahu amenjadi yang pertama dalam menemukan inovasi ini dalam dunia cctv, yang nantinya akan diikuti oleh kompetitor lain yang ikut membuat teknologi serupa dengan nama yang berbeda.
  2. HD-TVI (High Definition Transport Video Interface) –  TechPoint-Setelah Dahua sukses dengan HD-CVI , Techpoint ikut membuat terobosan dengan membuat chipset HD-TVI.
    Chipset HD-TVI dibuat oleh techpoint.inc sebagai terobosan untuk memenuhi tuntutan akan kamera CCTV dengan resolusi yang jernih,tanpa delai dan tanpa merubah infrastruktur jaringan cctv coaxial yang ada. kamera dengan chipset HD-TVI mampu mengirimkan gambar dengan resolusi HD tanpa delai menggunakan  kabel coaxial hingga jarak 500m.
    Beberapa Merek yang menggunakan teknologi HD-TVI antara lain Hikvision, AVTech, IDIS, TVT dan ratusan merek yang lain.
  3. AHD (Analog High Definition) – NextChip-Tidak mau kalah dengan dahua dan techPoint, NextChip pun ikut membuat teknologi serupa dengan mambuat chipset AHD untuk kamera CCTV nya.

Saya sangat menyarankan agar kamu memilih kamera dengan resolusi HD,tapi perlu diperhatikan juga saat kamu membeli DVR,pastikan DVR mu mendukung teknologi HD(AHD,HD-CVI,HD-TVI) sesuai dengan kamera cctv mu.

·         IP Camera

Merupakan kamera dengan resolusi HD  yang menggunakan teknologi   Internet Protocol untuk mengirimkan gambarnya, jenis kamera ini menggunakan jaringan komputer Wired (kabel UTP/STP/FO) dan Wireless dan juga bisa menggunakan jaringan internet.
Walau IP camera jangkauan nya tidak terbatas tetapi kecepatan transmisi gambar akan bergantung pada infrastruktur yang ada, gambar yang ditransmisikan juga tidak real time (delai beberapa detik) karena gambar akan dikompress terlebih dahulu baru dikirimkan dan saat diterima akan didecompress baru bisa dilihat.

Baik kamera cctv dengan teknologi HD-TVI ,HD-CVI,AHD mampu mantransmisikan gambar dengan resolusi HD (720p hingga 4K) melalui kabel Coaxial (RG6 ,RG59) hingga 500Meter dan tanpa menggunakan kompressi sehingga gambar yang ditransmisikan Realtime dan tanpa Lagg/patah-patah atau delay. Utuk IP kamera jangkauan nya tidak terbatas karena bisa  menggunakan jalur internet tetapi gambar yang ditransmisikan dikompress sehungga akan mengakibatkan delay beberap a detik (tidak real time).

Pan Tilt Zoom (PTZ) CCTV Camera

Jika kamu menginginkan kamera dengan kemampuan noleh kanan-kiri (pan),atas-bawah (tilt) dan bisa optical zoom maka kamera dengan fitur tambahan PTZ bisa menjadi pilihan terbaik mu.DVR sekarang sudah mendukung kamera dengan fitur PTZ.

Kamera PTZ sangat cocok digunakan untuk mengawasi area yang cukup luas,cukup dengan 1 kamera operator bisa memutar arah kamera dan melakukan pembesaran tanpa mengurangi kualitas gambar dari rung kendali CCTV(bisa juga dari aplikasi bawaan CCTV yang diinstall di komputer atau,tablet atau HP).Namun harga CCTV dengan fitur PTZ agak sedikit mahal.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *