Teknologi WDR Pro Pada Kamera CCTV dan IP Camera

APA YANG DIMAKSUD DENGAN WDR?
WDR singkatan dari Wide Dynamic Range. Kata Wide merujuk pada rasio kontras kamera cctv BUKAN sudut bukaan kamera. Jadi jika ada kamera dengan fitur WDR bukan berarti kamera tersebut memiliki sudut pandang yang mendekati 180 derajat.
Kamera cctv biasa mempunyai rasio kontras 1:1000 (60 dB). Kamera dengan fitur WDR mempunyai rasio kontras 1:1800 s/d 1:5600 (65 s/d 75 dB). Alhasil semakin lebar (Wide) rasio kontras suatu kamera, maka semakin akurat tingkat penerimaan cahaya dan semakin tinggi tingkat detail suatu area. Fitur WDR ada untuk mengatasi kesulitan pemasangan pada area dengan kondisi cahaya yang sulit diatasi.
Contohnya adalah: Posisi subjek berada di depan cahaya yang kuat, seperti area teller bank. Customer datang dari arah luar ke dalam, otomatis wajahnya akan gelap. Area hallway atau koridor/lorong. Cahaya di area seperti ini berubah secara cepat dari gelap ke terang. Di area yang kondisi cahayanya berlawanan, seperti melihat dari area terang ke area gelap.

daftar-harga-camera-murah-1-300x105 Teknologi WDR Pro Pada Kamera CCTV dan IP Camera

 

Aplikasi LPR (License Plate Recognition), sistem pengenal plat nomor kendaraan. Ruangan dengan lampu TL (neon) dengan catatan kamera di pasang dekat dengan lampu tersebut. Mungkin ada yang bertanya, lalu bagaimana dengan BLC (Back Light Compensation) atau bahkan SBLC (Super Back Light Compensation)? Fitur BLC memang digunakan untuk meredam cahaya pada backgroud objek. Tetapi BLC tidak akan seefektif WDR, karena masih ada efek kuat cahaya yang disebut dengan washed-out.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *