Perbedaan CCTV Day-Night Dengan CCTV Biasa

Perbedaan CCTV Day-Night dengan CCTV Biasa – Kamera CCTV saat ini memiliki banyak pilihan, memang agak terkesan membingungkan. Dimulai dari pilih analog atau digital, memilih CCTV yang bisa bergerak atau fixed camera, serta yang Day-Night Camera atau Camera CCTV biasa. Oke pada artikel ini, kami membantu Anda agar tidak bingung memilih CCTV mode Day-Night Camera atau CCTV biasa.

Sebenarnya, istilah Day-Night Camera sendiri bila diterjemah mempunyai arti Camera Siang-Malam. Apa maksudnya? Jadi pengguna dapat menggunakan CCTV jenis ini walaupun kondisi disekeliling CCTV sedang kekurangan cahaya. Jadi CCTV dengan Day-Night Camera mempunyai kemampuan untuk tetap menampilkan gambar dengan jelas walaupun kondisi ruangan atau disekeliling CCTV gelap. Inilah fungsi utama dari CCTV jenis ini.

Namun yang perlu diperhatikan tentang Day-Night Camera adalah bagaimana bisa sebuah CCTV dapat dirancang untuk bisa mengambil gambar saat gelap? Ternyata kamera CCTV Day-Night ini dilengkapi dengan InfraRed. InfraRed ini akan aktif ketika lingkungan disekitar CCTV ternyata kekuatan sumber cahayanya kurang dari 0,5 lux. Lux sendiri merupakan satuan metrik ukuran cahaya pada suatu permukaan.

Jadi ketika InfraRed / InfraMerah mencatat bahwa sensor kepekaan cahayanya kurang dari 0,5 Lux, maka otomatis InfraMerah diaktifkan agar dapat mengambil gambar dalam kondisi yang kurang cahaya tersebut. Mungkin yang menjadi pertanyaan, kenapa harus ada sensor untuk mendeteksi kepekaan cahaya? Biarkan saja InfraRed / InfraMerah aktif terus selama beroperasinya Kamera CCTV. Mungkin itu pertanyaan Anda.

zz-300x169 Perbedaan CCTV Day-Night Dengan CCTV Biasa

Jawabannya singkat, demi menjaga kualitas gambar saat kondisi terang agar mendekati dengan apa yang dilihat manusia. Itulah jawabannya, apabila InfraMerah / InfraRed terus dinyalakan saat kondisi terang maka gambar yang ditangkap kurang bagus.
Sementara itu, sebetulnya semua CCTV camera dapat mencitra gambar saat gelap, karena pada dasarnya sensor mampu untuk menangkap cahaya pada spektrum InfraMerah. Namun, karena kebanyakan lensa menggunakan filter IR-cut atau Hot-Mirror maka sinar InfraMerah dipantulkan lagi. Hal ini menyebabkan sensor CCD atau CMOS pada kamera CCTV tidak menerima spektrum cahaya IR. Kenapa begitu, kembali lagi jawabannya agar gambar yang dihasilkan dapat mendekati dengan apa yang dilihat manusia.

Oke sekarang kita beralih ke CCTV biasa, ini merupakan jenis original dari sebuah kamera pemantau atau kamera pengawas. Tidak dilengkapi dengan InfraRed / InfraMerah sehingga tidak dapat mengambil gambar saat gelap atau dibawah 0,5 lux. Kenapa CCTV tidak semua menggunakan InfraMerah? Ini kembali kepada Budget, berapa jumlah uang yang Anda miliki menentukan fitur apa saja yang Anda dapat. Sebab kamera CCTV dengan InfraMerah atau Jenis Day-Night Camera berharga lebih mahal dibandingkan dengan CCTV biasa.

Sekarang Anda sudah tahukan perbedaan Day-Night Camera dengan CCTV biasa, mudah-mudahan hal ini semakin memudahkan untuk memiliki CCTV yang sesuai budget dan kebutuhan ruangan yang perlu Anda awasi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *