Komponen Utama sistem CCTV

·         Kamera CCTV

Jenis kamera yang digunakan dalam sistem CCTV merupakan kamera yang telah dirancang khusus agar mudah dipasang dimanapun dan tahan dengan kondisi sekitar objek yang diawasi.

.

·         DVR (Digital Video Recorder)

Semua kamera CCTV yang terpasang akan mampir(dikoneksikan) dulu ke DVR ,DVR merupakan otak/pusat dari sistem CCTV(boleh juga disebut sebagai CPU/Komputer nya sistem CCTV)

WhatsApp-Image-2017-10-25-at-13.25.48-11-225x300 Komponen Utama sistem CCTV

·         Media Penyimpan/Storage/Harddisk (HDD,SSD,NAS,Cloud) Khusus CCTV

Informasi kejadian yang diterima oleh DVR yang bersumber dari sensor dan kamera CCTV akan diolah dan disimpan dalam media penyimpan (Harddisk,NAS,Cloud)dengan format tertentu dengan tujuan agar nantinya kejadian lampau bisa diputar ulang dan dilihat sebagai bahan observasi.

·         Kabel khusus CCTV

Penggunaan kabel pada jaringan sistem CCTV menggunakan kabel khusus jenis coaxial tapi yang telah dilengkapi dengan kabel power yang fungsinya untuk mensupply listrik ke perangkat kamera CCTV agar kita bisa memberi power secara terpusat dan mendistribusikan ke setiap kamera CCTV menggunakan kabel husus (Kabel Data + Power) atau yang sering dikenal dengan kabel RG-59.

·         Power Supply khusus CCTV

Jika kamu menggunakan kabel khusus untuk CCTV (RG-59) dimana telah disediakan kabel power, maka kamu bisa menggunakan power supply secara terpusat agar lebih mudah dalam pengelolaan dan perbaikan.

·         Konektor Khusus CCTV

Untuk menyambungkan kabel dengan kamera CCTV dan DVR diperlukan 2 jenis konektor khusus CCTV, yaitu konektor BNC untuk kabel data dan konektor DC power CCTV.

Komponen Tambahan Sistem CCTV

Komponen atau perangkat berikut ini bukanlah alat yang wajib dimiliki saat membangun sistem/jaringan cctv,namun perangkat tambahan ini dipasang untuk mendukung atau menambah fungsi dari sistem CCTV.

·         UPS (Uninterruptible Power Supply)

Fungi utama dari UPS adalah untuk menjaga sistem CCTV tetap hidup saat terjadi mati lampu /listrik tidak stabil,UPS telah dilengkapi dengan baterai dan inverter yang mampu menghasilkan listrik saat terjadi mati lampu,namun UPS hanya mampu menahan dalam waktu tertentu yang lamanya ditentukan dari daya UPS dan daya pemakaian sistem CCTV itu sendiri.

·         Sensor dan Alarm

Perangakat DVR pada CCTV telah dilengkapi dengan panel untuk input sersor dan output untuk alarm,jadi kamu bisa memasang perangkat sensor tambahan untuk memperkuat sistem keamanan.

·         Jaringan LAN dan Internet

Jaringan LAN diperlukan jika kamu ingin mengakses DVR menggunakan komputer,tablet dan smartphone dari local site, dan jika kamu ingin bisa mengakses CCTV kapanpun dan dimanapun kamu bisa memasang jaringan internet.

You may also like...